You are currently viewing Pelatihan Kerjasama dan Outbound bagi Karyawan UPT Agrotechnopark

Pelatihan Kerjasama dan Outbound bagi Karyawan UPT Agrotechnopark

  • Post author:
  • Post last modified:September 17, 2023

Pelatihan Peningkatan Kerja Sama sebagai Upaya Memperbaiki Kinerja Karyawan UPT Agrotechnopark Universitas Jember berjalan sukses. Pelatihan yang dilaksanakan dilingkungan Kebun Agrotechnopark Jubung (26/8) memberikan kesan tersediri bagi seluruh peserta pelatihan. Pelatihan ini merupakan bagian dari kelanjutan Pelatihan Peningkatan Wawasan dan Keterampilan Karyawan sebagai Upaya Memperbaiki Kualitas Layanan. Berbagai permainan outbound digelar untuk membangun komunikasi yang efektif, pengembangan tim, pemecahan masalah, mengasah kepercayaan diri, kepemimpinan serta melatih kejujuran dan sportivitas. Semua berujung pada peningkatan hubungan kerjasama dalam suatu unit organisasi atau unit kerja.

Pelatihan diikuti sebanyak 50 orang peserta terdiri atas staff karyawan UPT Agrotechnopark sebanyak 40 orang dan karyawan Fakultas Pertanian sebanyak 10 orang. Pembimbing kegiatan pelatihan adalah Ketua Satuan Pengawasan Internal (SPI) Dr. Ir. Tri Candra S, M.Si sebagai narasumber untuk materi Displin Kerja dan sebagai narasumber out bound adalah Sekretaris SPI Taufik Kurrohman, SE, MSA, Ak, CA, QIA. Pada pelatihan ini peserta dibekali materi kiat – kiat pembentukan karakter, kerja sama kelompok, penyampaian informasi dan problem solving yang dikemas dalam bentuk permainan (games) yang menarik. Pemateri selalu menekankan pentingnya kerja sama tim dalam mengerjakan suatu rencana kerja dan berdasar kaidah kebersamaan maka pekerjaan sesulit apa pun akan menjadi mudah dilaksanakan.

Bagi peserta dengan mengikuti kegiatan pelatihan ini akan membentuk karakter diri mereka dalam membangun kebersamaan, kepemimpinan, saling percaya dan bertanggung jawab. Muzzamil, salah satu peserta pelatihan dalam sesi wawancara menyampaikan bahwa seluruh kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta, terutama outbound yang di laksanakan pada hari ini. “ Saya rasa pelatihan ini sangat bermanfaat, selama bekerja saya belum pernah mengikuti pelatihan seperti ini, terutama dipermainan outbound dari sini saya tahu karakter setiap individu.” Ujar Muzzamil.

Pelatihan ini berjalan dengan sukses dari awal hingga akhir. Semoga ilmu dan wawasan yang didapat oleh para peserta dapat diterapkan di dalam pekerjaan sehari-hari sehingga menjadi  insan yang bermanfaat bagi Universitas Jember khususnya UPT Agrotechnopark.